Untuk Melihat Progres E-MPA Secara Nasional : Klik Disini Untuk Melihat Data Satker yang Belum Melapor : Klik Disini

Indeks Artikel Terbaru

Senin, 24 Juni 2013

H. Muchlis: “Pengelolaan dan Pelaksanaan Anggaran Harus Transparan dan Akuntabel”

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara (Kakanwil Kemenag Sultra), Drs, H. Muchlis A. Mahmud, MM, menegaskan, pengelolaan dan pelaksanaan Anggaran harus Transparan dan Akuntabel. Penegasan tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaksanaan Anggaran APBN Tahun 2013 lingkup Kemenag Sultra, di hotel Zahra Kendari; Kamis, (20/6/2013) sore.

“Pengelolaan dan pelaksanaan anggaran seluruh Satuan Kerja (Satker) lingkup Kemenag Sultra harus dilakukan secara transparan dan akuntabel, sehingga opini pelaporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diraih Kemenag dapat terus dipertahankan,” tegas Muchlis.

Karena itu lanjutnya, kemampuan dan profesionalisme perencana dan pengelola anggaran mesti terus pula ditingkatkan. “Hal ini dalam rangka pengolahan DIPA di seluruh Satker Kanwil Kemenag Sultra, sehingga tecipta sinkronisasi dan harmonisasi yang berkesinambungan dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, khususnya PMK No. 190 Tahun 2012 tentang Mekanisme Pelaksanaan APBN Tahun 2013 dan PMK No. 37 tahun 2012 tentang Standar Biaya Tahun 2013,” urainya.

Di hadapan seluruh peserta, Kakanwil juga mengingatkan bahwa pelaksanaan Bimtek ini sangat penting seiring dengan dinamika proses pengelolaan dan pelaksanaan anggaran yang terus diperbaharui dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran Negara dalam rangka percepatan penyerapan anggaran tahun 2013.

“Akuntabilitas yang berorientasi pada hasil, profesionalitas, proporsionalitas, bertanggung jawab dan keterbukaan dalam pengelolaan keuangan Negara merupakan upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran Negara dan mendukung terwujudnya good governance dalam rangka percepatan penyerapan anggaran tahun 2013,” terangnya.

Untuk melaksanakan tanggung jawab tersebut kata Kakanwil, dituntut sumber daya manusia yang kompeten di bidang pengelolaan keuangan. “Setiap pengelola anggaran, baik Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Bendahara Pengeluaran agar senantiasa berpegang pada prinsip-prinsip pelaksanaan anggaran yang efektif, efisien serta dikemas secara rapi dengan aturan, karena ke depan indikator pelaksanaan anggaran tidak hanya terfokus pada evaluasi administrasi tetapi juga evaluasi capaian kinerja di mana apakah anggaran tersebut sudah tepat penggunaannya, tepat waktu dan sasarannya.

Ia menambahkan, penyampaian laporan keuangan rekonsiliasi harus tepat waktu, sebab salah satu ukuran peningkatan kinerja adalah tercapainya target optimalisasi anggaran yang tercatat dalam laporan keuangan.

Hadir pada pembukaan kegiatan Bimtek yang diselenggarakan Subbag Perencanaan dan Keuangan Kanwil Kemenag Sultra ini, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sultra, H. Hasanuri, SH. M.HI, para Kabid Kanwil Kemenag Sultra, Kepala Kantor Kemenag se-Sultra, pejabat Esselon IV, dan para Kepala Madrasah se-Sultra. (www.sultra.kemenag.go.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar